Upaya Pemenuhan Hak Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh

T. Rafiq Hariri, 180405021 (2023) Upaya Pemenuhan Hak Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Upaya Pemenuhan Hak Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh] Text (Upaya Pemenuhan Hak Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh)
T. Rafiq Hariri, 180405021, FDK, KESOS, 0895600701581.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kenakalan remaja adalah kondisi yang tidak bisa dihindari saat ini, bahkan kasus-kasus kenakalan remaja semakin memprihatinkan, karena sudah mengarah pada tindakan kriminal. Akibatnya jumlah remaja yang harus berhadapan dengan hukum semakin hari terus meningkat, yang sebagian diantaranya menjalani proses pidana. Hal ini berujung pada vonis hakim yang menetapkan bahwa anak yang berhadapan dengan hukum, khususnya pelaku tindak pidana. Untuk itu LPKA Kelas II Banda Aceh adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mempunyai tugas pokok dan fungsi menjaga ketertiban dan keamanan Anak Didik Pemasyarakatan (Andik Pas). Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana data yang dihasilkan berupa kata-kata atau pernyataan lisan atau orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pemenuhan hak yang menjadi prioritas di LPKA Kelas II Banda Aceh yaitu dengan melakukan pemenuhan hak prioritas dalam pelayanan, melakukan pemenuhan hak prioritas dalam bimbingan, dan melakukan pemenuhan hak prioritas dalam pengawasan kepada anak didik pemasyarakatan dalam kegiatan belajar mengajar dan mengawasi kesehatan dan keagamaan anak didik. Upaya pemenuhan hak anak di LPKA Kelas II Banda Aceh berjalan dengan baik melalui kegiatan pembinaan yang diberikan lapas berupa pemenuhan hak atas pendidikan, pemenuhan hak atas kegiatan keagamaan, dan kegiatan pemenuhan hak atas fasilitas kesehatan. Adapun Hambatan Tantangan serta dukungan untuk terpenuhinya hak anak ialah Faktor perundang-undangan, Faktor kualitas dan kuantitas petugas, Faktor sarana dan fasilitas, Faktor masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: T. Rafiq Hariri Rafiq
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:55
Last Modified: 24 Jan 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item
View Item