Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Pemasaran Syariah (Studi Produk UMKM di Banda Aceh)

Hilda Safira, 180602080 (2023) Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Pemasaran Syariah (Studi Produk UMKM di Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Pemasaran Syariah (Studi Produk UMKM di Banda Aceh)] Text (Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Pemasaran Syariah (Studi Produk UMKM di Banda Aceh))
Hilda Safira, 180602080, FEBI, ES, 081362012687.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan e-commerce di Indonesia, khususnya forum jual beli online, sebagai akibat menjamurnya toko online dan meningkatnya jumlah pengguna internet. Saat ini banyak pelaku usaha kecil maupun besar yang memanfaatkan e-commerce dalam upaya untuk memperluas usaha mereka. Pelaku usaha mengalami peningkatan penjualan oleh pengaruh pertumbuhan marketplace yang sangat cepat di Indonesia karena banyak konsumen menyukai belanja online, yang dipandang sederhana, praktis, dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana UMKM di Banda Aceh menggunakan marketplace dan strategi pemasaran syariah di marketplace. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan temuan penelitian ini, UMKM di Banda Aceh banyak mendapatkan manfaat dan kemudahan yang dirasakan dari pemanfaatan marketplace. Penjual mengatakan bahwa produk yang dijual belum memiliki label halal, namun dalam proses pengurusan dan bahan-bahan yang digunakan 100% aman dan bebas dari kandungan berbahaya seperti pewarna, pewangi, dan pengawet. Kehalalan suatu produk tidak hanya ditentukan oleh komponennya tetapi juga oleh prosedur pembuatannya. Penjual menetapkan harga sesuai dengan pasar, mempromosikan sesuai dengan fakta, dan melayani pelanggan dengan baik, seperti mendengarkan setiap keluhan dari pelanggan dan tidak membuat janji palsu kepada mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Hilda Safira
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:04
Last Modified: 24 Jan 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25943

Actions (login required)

View Item
View Item