Vegetasi Tumbuhan Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati.

Sritamina Fitri S, 170207138 (2023) Vegetasi Tumbuhan Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Vegetasi Tumbuhan Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati] Text (Vegetasi Tumbuhan Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati)
Sritamina Fitri S, 170207138, FTK, PBL, 085261766870.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di sekolah lebih banyak menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan buku paket yang disediakan sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif, keadaan ini mengakibatkan antusias belajar siswa masih kurang terutama dalam mempelajari materi keanekaragaman hayati. Proses pembelajaran dapat menggunakan berbagai media untuk menunjang hasil pembelajaran, salah satu bentuk media tersebut adalah flip chart. Flip chart ini disusun secara menarik untuk meningkatkan minat siswa dalam memahami materi. Pemanfaatan media dan hasil pembelajaran pada keanekaragaman hayati ialah dengan menggunakan lingkungan sekolah sebagai wahana media belajar siswa untuk lebih dekat dan mengenal secara nyata. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang vegetasi tumbuhan di lingkungan SMA N 1 Simpang Kiri untuk menambah infomasi tentang vegetasi tumbuhan dikawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan yang terdapat dilingkungan SMA N 1 Simpang Kiri, uji kelayakan media flipchart dan respon siswa terhadap media. Metode penelitian ini dengan metode kuadrat yang dikombinasikan dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel bertujuan dilakukan tergantung lokasi tumbuhan, setiap lokasi dibuat plot ukuran 1 m x 1 m untuk tumbuhan herba, 2 m x 2 m untuk tumbuhan semak dan 10 m x 10 m untuk pohon. Hasil penelitian diperoleh 44 jenis yang tergolong kedalam 29 famili dengan jenis tertinggi adalah Axonopus compressus atau rumput paitan dari famili Poaceae, berjumlah 40 individu. Uji kelayakan flipchart diperoleh 85,79% dengan kriteria sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati. Respon siswa terhadap media flipchart diperoleh persentase 92% dengan kriteria bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran flipchart pada materi keanekaragaman hayati termasuk kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Vegetasi Tumbuhan, Flipchart, Uji Kelayakan, Respon Siswa.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sritamina Fitri S Fitri
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:04
Last Modified: 24 Jan 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item
View Item