Supervisi Kepala Sekolah dalam Pengevaluasian Program Kinerja Guru di SMAN 1 Singkil Utara

Arifis Samdani, 150206075 (2022) Supervisi Kepala Sekolah dalam Pengevaluasian Program Kinerja Guru di SMAN 1 Singkil Utara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Supervisi Kepala Sekolah] Text (Supervisi Kepala Sekolah)
Arifis Samdani, 150206075, FTK, MPI, 085762375714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Supervisi kepala sekolah dalam pengevaluasian program kinerja guru dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Peningkatan kinerja guru harus diupayakan oleh kepala sekolah karena guru merupakan kunci utama keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui moldel-model supervisi kepala sekolah, mengetahui tahap-tahap supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dengan pelaksanaan pengawasan pengevaluasian kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan pengumpulan informasi dan data dilakukan melalui pertemuan, persepsi dan dokumentasi. Subyek penelitian dengan skripsi ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan pendidik. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, model supervisi yang digunakan oleh kepala sekolah SMAN 1 Singkil Utara adalah (1) model supervisi tradisional yang dilakukan secara langsung meliputi: wawancara sebelum supervisi, melakukan kunjungan kelas dan melakukan diskusi setelah supervisi. (2) model supervisi kontemporer, meliputi : persiapan sebelum supervisi, observasi kelas dan mengadakan pertemuan dengan guru setelah melaksanakan supervisi. Kedua, tahap-tahap supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMAN 1 Singkil Utara adalah (1) perencanaan, meliputi identifikasi masalah berdasarkan tujuan supervisi, menentukan jadwal supervisi, memilih teknik supervisi dan membuat instrumen observasi. (2) pelaksanaan, meliputi memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran, melakukan pengamatan dan penilaian. (3) analisis, meliputi: identifikasi terhadap kelemahan guru. (4) tindak lanjut, meliputi: pemberian solusi dan penghargaan bagi guru dan (5) penyusunan laporan. Ketiga, kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi adalah waktu dan kurangnya persiapan guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arifis Samdani Arifis
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:06
Last Modified: 24 Jan 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25945

Actions (login required)

View Item
View Item