Kesadaran Santri dalam Membaca Al-Qur`an di Dayah Asaasunnajaah Gampong Ateuk Lueng Ie, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar

Ahmad Nauval Sani, 160303055 (2022) Kesadaran Santri dalam Membaca Al-Qur`an di Dayah Asaasunnajaah Gampong Ateuk Lueng Ie, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesadaran Santri dalam Membaca Al-Qur`an    di Dayah Asaasunnajaah Gampong Ateuk    Lueng Ie, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten    Aceh Besar] Text (Kesadaran Santri dalam Membaca Al-Qur`an di Dayah Asaasunnajaah Gampong Ateuk Lueng Ie, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar)
Ahmad Nauval Sani, 160303055, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalamullah yang dapat menjadi petunjuk kebenaran kepada seluruh manusia sehingga sudah menjadi keharusan kepada seluruh umat Islam untuk sadar akan pentingnya membaca Al-Qur’an. Semangat ini dapat mendorong setiap muslim untuk meneguhkan kembali keimanan mereka agar menjadi kokoh dan tidak tergoyahkan. Inilah salah satu aspek penting yang harus dicari dan diusahakan oleh setiap muslim. Namun demikian, kekurangan antusiasme manusia dalam membaca Al-Qur’an telah menjadi suatu hal yang sangat disayangkan. Hal inilah yang mengakibatkan lemahnya kualitas keimanan dan menurunnya kehidupan yang islami. Kondisi ini sungguh disayangkan karena peran Al-Qur’an sebagai sarana meningkatkan keimanan sesuai dengan QS. Al-Anfal: 2 seakan tidak diperhatikan dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat muslim masa kini. Berdasarkan pemaparan tersebut, Penulis melakukan penelitian di salah satu dayah yakni dayah Asaasunnajaah yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran santri dayah di dayah tersebut dalam membaca Al-Qur`an serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran santri dayah Asaasunnajaah dalam membaca Al-Qur’an. Kajian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan metode wawancara terhadap narasumber yaitu dewan guru dan santri-santri di dayah Asasunnajah, Gampong Ateuk Lueng Ie, Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas yang tinggi dalam pembelajaran Al-Qur`an di Dayah Asaasunnajaah mampu membina kesadaran para santri dalam membaca Al-Qur`an. Hal ini tercermin dari program dayah yang mewajibkan para santri untuk membaca Al-Qur`an setiap hari satu jam setengah sebelum shalat maghrib secara berjamaah. Program ini terlihat dapat menumbuhkan minat dan kesadaran para santri dalam membaca Al-Qur`an. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai pedoman kepada pembaca agar mengetahui betapa pentingnya kesadaran membaca Al-Qur’an yang dengannya dapat meningkatkan keimanan dan mewujudkan kehidupan yang islami serta memperkaya khazanah dalam dunia pendidikan terutama dalam bidang tafsir dan kajian ulumul-Qur`an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Nauval Sani Nauval
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:42
Last Modified: 25 Jan 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25976

Actions (login required)

View Item
View Item