Analisis Penggunaan E-Wallet (OVO) Sebagai Alat Transaksi dalam Perspektif Ahli Ekonomi Islam Indikator Hifdz Al-Maal di Kota Banda Aceh

Zahrul Fuadi, 180602191 (2022) Analisis Penggunaan E-Wallet (OVO) Sebagai Alat Transaksi dalam Perspektif Ahli Ekonomi Islam Indikator Hifdz Al-Maal di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penggunaan E-Wallet (OVO) Sebagai Alat Transaksi dalam   Perspektif Ahli Ekonomi Islam Indikator Hifdz Al-Maal di Kota Banda Aceh] Text (Analisis Penggunaan E-Wallet (OVO) Sebagai Alat Transaksi dalam Perspektif Ahli Ekonomi Islam Indikator Hifdz Al-Maal di Kota Banda Aceh)
Zahrul Fuadi-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Seiring perkembangan fintech saat ini, maka kesesuaiannya dalam fikih muamalah harus berdasarkan prinsip-prinsip syariah yakni terhindar dari israf, tabdzir, tadlis, maysir, gharar dan riba. Penerapan maqashid syariah tidak terlepas dari tujuannya untuk mengatur kegiatan mu’amalah yang bertujuan memberikan kemanfaatan bagi umat Islam dalam menjamin dan memelihara kepemilikan harta benda mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang mendorong masyarakat Kota Banda Aceh menggunakan OVO sebagai alat transaksi serta bagaimana konsep e-wallet OVO sebagai alat transaksi dalam perspektif ahli ekonomi Islam indikator hifdz al-maal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripstif dengan metode kulalitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian maka diketahui bahwa faktor kemudahan, fasilitas, kenyamanan, kelancaran, keamanan, efektivitas serta adanya diskon dan cashback berpengaruh signifikan terhadap penggunaan OVO sebagai alat transaksi oleh masyarakat Kota Banda Aceh. Selain itu penggunaan OVO sebagai alat transaksi memenuhi prinsip hifdz al-maal karena tidak terdapat unsur israf, tabdzir, tadlis, dan maysir serta keamanan data pengguna juga terjaga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahrul Fuadi Fuadi
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:02
Last Modified: 25 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25985

Actions (login required)

View Item
View Item