Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Media Gambar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP

Almatikawati, 150207155 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Media Gambar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Media Gambar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Media Gambar Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP)
Almatikawati, 150207155, FTK, PBL, 085275257742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TPS dan media gambar pada materi sistem ekskresi manusia di SMPN 1 Kluet Timur. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan one group pre-test-post-tes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui angket dan tes, sedangkan instrumen dalam penelitian ini melalui lembar angket dan soal tes. Data motivasi yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan rumus persentase dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan penerapan model Think Pair Share dan media gambar pada materi sistem ekskresi manusia dikategorikan tinggi yaitu 77,8% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 12,25 ≥ 1,70 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMPN 1 Kluet Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Almatikawati Alma
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:02
Last Modified: 25 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25986

Actions (login required)

View Item
View Item