Analisis Akses Masyarakat Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Bentuk Sembako Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Gampong Telaga Tujuh Kecamatan Langsa Barat Provinsi Aceh)

Sasnita, 170602038 (2022) Analisis Akses Masyarakat Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Bentuk Sembako Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Gampong Telaga Tujuh Kecamatan Langsa Barat Provinsi Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perspektif Ekonomi Islam] Text (Perspektif Ekonomi Islam)
Sasnita, 170602038, FEBI, ES, 082241203026.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kesejahteraan, kemakmuran dan kemajuan pada tingkat ekonomi masyarakat adalah cita-cita setiap bangsa, termasuk bangsa Indonesia. PKH adalah program pemberian bantuan bersyarat kepada keluarga miskin. Adapun program yang digunakan adalah program sembako dalam bentuk subsidi pangan berupa beras, telur yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mekanisme untuk memperoleh bantuan PKH serta peran pemerintah terhadap penentuan penerima bantuan PKH di Gampong Telaga Tujuh, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa serta perspektifnya dalam ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan PKH program sembako sudah memenuhi pencapaian yang maksimal seperti tepat jumlah, tepat guna dan tepat waktu yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bantuan PKH program sembako di Gampong Telaga Tujuh Kecamatan Langsa Barat, Provinsi Aceh. Namun, bantuan PKH program sembako ini juga belum bisa dikatakan sepenuhnya merata, karena masih ada warga miskin yang belum merasakan manfaat dari PKH tersebut atau juga bisa disebutkan dengan kata belum tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sasnita Nita
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:16
Last Modified: 25 Jan 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25992

Actions (login required)

View Item
View Item