Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving dengan Menggunakan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN Miruk Aceh Besar.

Riski Andrianti, 201223442 (2017) Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving dengan Menggunakan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN Miruk Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Problem Solving]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Problem Solving)
Riski Andrianti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di MIN Miruk Aceh Besar menunjukkan sebanyak 20% mengalami kesulitan dalam menguasai materi-materi pembelajaran tematik, sehingga hal ini berpengaruh pada nilai akhir siswa yang belum mencapai KKM yaitu 70%. Oleh karena itu dilakukan upaya mengatasi kondisi pembelajaran tematik, salah satu cara adalah dengan memilih pembelajaran Problem Solving. Rumusan masalah ini adalah 1) Bagaimanakah pengaruh penerapan metode Problem Solving dengan media gambar pada pembelajaran sub-tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku terhadap hasil belajar siswa di kelas IV MIN Miruk Aceh Besar, 2) Bagaimanakah pengaruh penerapan metode Problem Solving dengan media gambar pada pembelajaran sub-tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku terhadap respon belajar siswa di kelas IV MIN Miruk Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas IVa yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas IVb yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Data pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan = 62, maka distribusi-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,71 > 1,67. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan sangat termotivasi sebanyak 40,6% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Metode Problem Solving dengan menggunakan media gambar adalah dapat memotivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Wati Oviana, M.Pd 2.Andriansyah, M.S.Ed
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode Problem Solving, hasil belajar Pembelajaran tematik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 22 Feb 2018 06:52
Last Modified: 22 Feb 2018 06:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item
View Item