Pengelolaan Budaya Belajar Di Pesantren Babun Najah Banda Aceh

Mardiwi, 180206053 (2023) Pengelolaan Budaya Belajar Di Pesantren Babun Najah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Budaya Belajar Di Pesantren Babun Najah Banda Aceh] Text (Pengelolaan Budaya Belajar Di Pesantren Babun Najah Banda Aceh)
Mardiwi, 180206053, FTK, MPI, 087774554420.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan bagaimana pihak pihak pesantren melakukan Pengelolaan terhadap Budaya belajar santri, agar santri tetap belajar secara efektif dan efesien dengan padatnya aktivitas pembelajaran yang diterapkan di Pesantren Babun Najah Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pembelajaran yang diterapkan dipesantren, bagaimana pihak ustad ustazah bekerjasama dalam menerapkan strategi budaya belajar dan untuk mengetahui kendala dan hambatan yang terjadi di Pesantren Babun Najah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Pesantren, Ustad/Ustazah, dan Santri, Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) pola belajar yang dlakukan di pesantren babun najah menggunakan sistem pembelajaran 24 jam, kegiatan dilakukan dari mulai mereka bangun sampai mereka tidur kembali, sistem yang digunaka membuat mereka terbiasa dengan segala kegiatan yang dilaksanakan dipesantren babun najah, pesantren ini merupakan Pesantren Modern, pesantren yang mengkombinasikan antara pelajaran pondok dan pelajaran umum, dan kurikulum yang digunakan juga kurikulum gabungan. (2) penerapan strategi budaya belajar yang digunakan di pesantren babun najah ini berbentuk dengan memberikan Punishment kepada santri yang melanggar, tujuan diberikannya Punishment ini yaitu agar menjadi efek jera supaya santri tidak mengulang lagi, dn ustad dan ustazah selalu memberikan mereka motivasi supaya mereka tetap semangat dalam pengikuti segala aktivitas pembelajaran. (3) Kendala dan hambatanyang terdapat dalam penerapan budaya belajar di pesantren babun najah yaitu karena terdapat padatnya pembelajaran yang diterapkan membuat santri terbagi fokus, dan juga kurang waktu istirat dan jam tidur, membuat mereka tidur dikelas saat jam pelajaran. Dan juga masih terdapat pendidik yang kurang profesional, dan pendidik yang sering tidakmasuk kelas tanpa pemberitahuan, ini menjadi sebuah kendala dan hambatan dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mardiwi Mardiwi
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:50
Last Modified: 26 Jan 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26013

Actions (login required)

View Item
View Item