Penerapan Two Stay Two Stray Dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTsN 2 Lueng Bata Banda Aceh

Nurul Ulya, 180201011 (2023) Penerapan Two Stay Two Stray Dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTsN 2 Lueng Bata Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Two Stay Two Stray Dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTsN 2 Lueng Bata Banda Aceh] Text (Penerapan Two Stay Two Stray Dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTsN 2 Lueng Bata Banda Aceh)
Nurul Ulya, 180201011, FTK, PAI, 081273689878.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kurikulum 2013 mengutamakan pembelajaran yang mendorong aktivitas fisik dan mental siswa secara optimal. Praktek pembelajaran demikian mendukung tumbuhnya pembelajaran aktif. Akan tetapi yang terjadi saat ini ialah proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah. Yang mana metode yang digunakan terkesan sangat monoton dan membosankan. Sehingga siswa cenderung mengalami bosan, jenuh, kurang semangat dalam partisipasi mengikuti pembelajaran. Maka salah salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah model pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1. Bagaimana perencanaan dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Leung Bata? 2. Bagaimana aktivitas guru selama penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Leung Bata? 3. Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Leung Bata? 4. Bagaimana peningkatan keaktifan siswa pada penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Leung Bata? Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas VIII-1 MTsN 2 Banda Aceh, adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Adapun pada setiap siklus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP, mempersiapkan alat dan bahan pembelajaran yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta pedoman wawancara. (2) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik yaitu 77,8 %, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 82,2 % dengan kategori baik sekali. (3) Aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori baik yaitu 72,7%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 92,4%. (4) Peningkatan keaktifan siswa setelah dilakukannya tindakan mencapai tingkat keberhasilan dengan persetase 92,4 % dengan kategori sangat baik dari siklus sebelumnya dengan persetase 72,7 %. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian penerapan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Ulya
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:45
Last Modified: 26 Jan 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item
View Item