Isolasi dan Aktivitas Antibakteri Bakteri Endofit Daun Alpukat (Persea Americana Mill.) Terhadap Bakteri Staphylococcus Epidermidis

Uce Karlina, 170703017 (2023) Isolasi dan Aktivitas Antibakteri Bakteri Endofit Daun Alpukat (Persea Americana Mill.) Terhadap Bakteri Staphylococcus Epidermidis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Isolasi dan Aktivitas Antibakteri Bakteri Endofit Daun Alpukat (Persea Americana Mill.) Terhadap Bakteri Staphylococcus Epidermidis] Text (Isolasi dan Aktivitas Antibakteri Bakteri Endofit Daun Alpukat (Persea Americana Mill.) Terhadap Bakteri Staphylococcus Epidermidis)
Uce Karlina, 170703017, FST,ST .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Alpukat (Persea americana Mill.) merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat yang dapat tumbuh di daerah sub tropis dan tropis di Indonesia. Tanaman alpukat ini memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai antibakteri. Antibakteri yang terdapat pada tanaman alpukat dapat juga dimiliki oleh bakteri endofit. Bakteri endofit adalah bakteri yang hidup dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan efek negatif pada tanaman inangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik bakteri endofit dari daun alpukat (Persea americana Mill.) dan bagaimana aktivitas dari bakteri endofit daun alpukat dalam menghambat bakteri Staphylococcus epidermidis ATCC 3223. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengisolasi bakteri endofit dari daun alpukat metode Spread plate. Lalu, dilanjutkan uji aktivitas antibakteri dengan menggunakan metode Kirby bauer. Hasil penelitian didapatkan 10 isolat bakteri endofit terdiri dari 3 genus yaitu genus Staphylococcus sp., Bacillus sp. dan Pseudomonas sp. Hasil uji aktivitas dari sepuluh isolat bakteri endofit memiliki kemampuan dalam menghambat bakteri Staphylococcus epidermidis ATCC 3223 yang ditandai dengan adanya zona bening di sekitar cakram. Diameter zona hambat untuk kategori terkuat terdapat pada isolat EP 3 sebesar 14,63 mm dan diameter dengan kategori terlemah terdapat pada isolat EP 1 sebesar 1,66 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Uce Karlina
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:56
Last Modified: 09 Oct 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26018

Actions (login required)

View Item
View Item