Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Kemangi (Ocimum Basillicum L.) dalam Menghambat Streptococcus Mutans dan Pseudomonas Aeruginosa

Rizkina Zurriani ZN, 170703008 (2023) Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Kemangi (Ocimum Basillicum L.) dalam Menghambat Streptococcus Mutans dan Pseudomonas Aeruginosa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Kemangi (Ocimum Basillicum L.) dalam Menghambat Streptococcus Mutans dan Pseudomonas Aeruginosa] Text (Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Kemangi (Ocimum Basillicum L.) dalam Menghambat Streptococcus Mutans dan Pseudomonas Aeruginosa)
Rizkina Zurriani ZN, 170703008, FST, ST.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Bakteri endofit merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam jaringan tanaman dan memiliki hubungan simbiosis yang saling menguntungkan dengan tanaman inang. Daun kemangi (Ocimum basillicum L.) adalah salah satu tanaman obat yang dapat menghasilkan metabolit sekunder sebagai antibakteri yang berasal dari bakteri endofit pada tanaman inangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bakteri endofit daun kemangi (Ocimum basillicum L.) dan uji aktivitas supernatan bebas sel bakteri endofit terhadap bakteri Streptococcus mutans ATCC 25175 dan Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853. Metode yang dilakukan ialah dengan mengisolasi bakteri endofit dari daun kemangi dan produksi supernatan bebas sel didapatkan dengan cara sentrifugasi dan difiltrasi menggunakan filter membran 0,22 µm untuk memisahkan antara supernatan dan pelet. Supernatan bebas sel yang didapat dilakukan uji aktivitas dengan menggunakan metode Kirby Bauer. Hasil penelitian berdasarkan dari identifikasi secara makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia didapatkan karakteristik bakteri endofit sebanyak 6 isolat bakteri endofit dan memperoleh satu genus yang diduga mengarah ke genus Bacillus sp. Hasil uji aktivitas supernatan bebas sel bakteri endofit daun kemangi dari 6 isolat memiliki kemampuan dalam menghambat bakteri Streptococcus mutans ATCC 25175 dengan kriteria sedang pada isolat EO5 dan EO6 sebesar 5.68 mm dan 5.49 mm sedangkan hasil uji aktivitas supernatan bebas sel pada Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 menghasilkan zona hambat sebesar 3.41 mm dengan kriteria lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Rizkina Zurriani ZN
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:56
Last Modified: 09 Oct 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26021

Actions (login required)

View Item
View Item