Pembinaan Kejujuran Peserta Didik Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 1 Nagan Raya

Novi Yanti, 180201130 (2023) Pembinaan Kejujuran Peserta Didik Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 1 Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembinaan Kejujuran Peserta Didik  Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak  Di MAN 1 Nagan Raya] Text (Pembinaan Kejujuran Peserta Didik Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 1 Nagan Raya)
Novi Yanti, 180201130, FTK, PAI, 081375441446.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kejujuran adalah sifat yang melekat dalam diri seseorang dan merupakan hal penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman nilai kejujuran merupakan hal yang sentral dalam dunia Pendidikan karakter. Di era modern ini banyak orang baik tua atau muda tidak mengatakan kebenaran, yang sangat memprihatinkan maraknya dikalangan peserta didik yang rendahnya sikap jujur baik dikelas maupun diluar kelas, seperti masih adanya peserta didik yang melihat catatan disaat ujian sekolah, adanya peserta didik yang tidak membayar Ketika mengambil makanan di kantin hal ini terjadi karna kurangnya kejujuran dalam diri peserta didik tersebut. Kejujuran dalam konteks pembangunan karakter disekolah sangat penting untuk menjadikan karakter peserta didik sebagai bekal mengarungi kehidupan dimasa yang akan datang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pembinaan kejujuran yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak di MAN 1 Nagan Raya, 2. Bagaimana hasil pembinaan kejujuran yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak di MAN 1 Nagan Raya, 3. Apa kendala yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak di MAN 1 Nagan Raya dalam membina kejujuran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan olahan data yang diperoleh maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembinaan kejujuran di MAN 1 Nagan Raya melalui 3 metode, yaitu metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat. Hasil pembinaan kejujuran adanya perubahan perilaku jujur seperti: siswa terbiasa dengan sikap jujur dalam mengerjakan tugas sekolah secara mandiri, jujur dalam berpilaku dilingkungan madrasah, menasehati teman yang berprilaku tidak jujur, mengembalikan atau melaporkan barang yang ditemukan kepada guru atau kepada teman. Sedangkan kendala dalam membina kejujuran peserta didik di MAN 1 Nagan Raya masih terdapat rasa malu dan ragu untuk berperilaku jujur, adanya siswa yang tidak peduli dengan sikap kejujuran, kurangnya perhatian guru dan orang tua terhadap sikap jujur anak. Apabila pembinaan kejujuran peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di MAN 1 Nagan Raya dilakukan dengan baik, maka karakter jujur akan terbentuk pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sikap kejujuran peserta didik, pembinaan yang dilakukan guru akidah akhlak
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novi Yanti Novi
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:54
Last Modified: 26 Jan 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26022

Actions (login required)

View Item
View Item