Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Pegagan (Centella Asiatica (L.) Urb.) dalam Menghambat Staphylococcus Aureus dan Pseudomonas Aeruginosa

Putri Rahil Marissa, 170703022 (2023) Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Pegagan (Centella Asiatica (L.) Urb.) dalam Menghambat Staphylococcus Aureus dan Pseudomonas Aeruginosa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Pegagan (Centella Asiatica (L.) Urb.) dalam Menghambat Staphylococcus Aureus dan Pseudomonas Aeruginosa] Text (Aktivitas Supernatan Bebas Sel Bakteri Endofit Daun Pegagan (Centella Asiatica (L.) Urb.) dalam Menghambat Staphylococcus Aureus dan Pseudomonas Aeruginosa)
Putri Rahil Marissa, 170703022, FST,ST.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bakteri endofit adalah bakteri yang hidup di dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan gejala penyakit dan dapat menghasilkan senyawa antibakteri yang sama dengan inangnya. Pegagan merupakan tanaman yang memiliki senyawa metabolit sekunder yang berguna sebagai antibakteri terhadap bakteri penyabab infeksi kulit. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui karakteristik bakteri endofit dan kemampuan supernatan bebas sel bakteri endofit daun pegagan (Centella asiatica (L.) Urb.) terhadap bakteri Staphylococcus aureus ATCC 25923 dan Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853. Metode isolasi yang digunakan yaitu dengan metode streak plate dan produksi supernatan bebas sel dengan cara sentrifugasi serta disaring menggunakan saringan mikro 0,22 µm hingga didapatkan supernatan bebas sel. Pengujian aktivitas antibakteri supernatan bebas sel dilakukan menggunakan metode Kirby Bauer. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat 9 isolat bakteri endofit menunjukkan karakteristik yang berbeda antara satu isolat dengan isolat yang lainnya. Kemampuan supernatan bakteri endofit daun pegagan (Centella asiatica (L.) Urb.) sebagai antibakteri menunjukkan zona hambat terhadap bakteri S.aureus ATCC 25923 sebesar 6,94 mm menunjukkan aktivitas lemah. Zona hambat yang terbentuk terhadap P. aeruginosa ATCC 27853 sebesar 4,61 mm menunjukkan aktivitas lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Putri Rahil Marissa
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:09
Last Modified: 09 Oct 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26029

Actions (login required)

View Item
View Item