Pengaruh Alokasi Dana Desa dan Badan Usaha Milik Desa Terhadap Pendapatan Asli Desa Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Kecamatan Ingin Jaya)

Kanzu, 180602142 (2022) Pengaruh Alokasi Dana Desa dan Badan Usaha Milik Desa Terhadap Pendapatan Asli Desa Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Kecamatan Ingin Jaya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Alokasi Dana Desa] Text (Alokasi Dana Desa)
Kanzu, 180602142, FEBI, ES, 081344183482.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Alokasi Dana Desa dan Badan Usaha Milik Desa sebagai sumber keuangan desa yang bisa dijadikan Pendapatan Asli Desa. Hal ini bisa menyebabkan pemerintah desa tergantung dengan dana transfer dari pemerintah pusat yang menyebabkan pemerintahan desa tidak bisa mandiri dalam pengelolaan desanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh alokasi dana desa dan badan usaha milik desa terhadap pendapatan asli desa ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah (Studi di Kecamatan Ingin Jaya). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 kelurahan/desa di kecamatan ingin jaya dengan jumlah data sebanyak 15 obsevasi. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) yang berbentuk time series dan cross section. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu Eviews 12. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alokasi Dana Desa dan Badan Usaha Milik Desa secara simultan berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Desa. (2) Alokasi Dana Desa secara parsial berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Desa (3) Badan Usaha Milik Desa secara parsial berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Desa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Kanzu Kanzu
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:30
Last Modified: 27 Jan 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26034

Actions (login required)

View Item
View Item