Sistem Pengawasan Dinas Perhubungan Terhadap Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (Akdp) Aceh DalamiiPerspektif Al-Hisbah.

Rina Rahmayana, 170102131 (2023) Sistem Pengawasan Dinas Perhubungan Terhadap Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (Akdp) Aceh DalamiiPerspektif Al-Hisbah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Pengawasan Dinas Perhubungan Terhadap  Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (Akdp) Aceh DalamiiPerspektif Al-Hisbah] Text (Sistem Pengawasan Dinas Perhubungan Terhadap Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (Akdp) Aceh DalamiiPerspektif Al-Hisbah)
Rina Rahmayana, 170102131, FSH, HES, 082360916949.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengawasan Dinas Perhubungan terhadap Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) Aceh dalam perspektif konsep al-Hisbah, dengan mengambil objek penelitian pada Dinas Perhubungan Aceh. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Pengawasan yang dilakukan Dinas Perhubungan terhadap Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) di Aceh, mengetahui perspektif al-Hisbah terhadap sistem pengawasan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) oleh Dinas Perhubungan di Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif analisis, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Perhubungan telah melakukan pengawasan terhadap angkutan antarkota dalam provinsi ( AKDP) dengan membuat suatu rancangan rencana kegiatan terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi penyimpangan- penyimpangan pada saat pengawasan berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan termasuk ke dalam pengawasan preventif, dengan sistem pengawasannya yaitu, melakukan pengawasan uji trayek dengan cara mendatangi loket dan turun ke jalan melakukan razia dan pengawasan wajib masuk terminal dengan cara mendirikan bangunan pos- pos yang tersebar di terminal dan lintasan yang berguna untuk memantau pergerakan angkutan umum. Jika ditinjau dari al-hisbah, bahwasanya Dinas Perhubungan Aceh sebagai salah satu lembaga al- hisbah telah menerapkan pengawasan kepada masyarakat secara baik dan menyeluruh sehingga pelaku usaha yang melakukan penyimpangan ataupun melanggar peraturan tersebut akan diberikan peringatan dan sanksi yang tegas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Dinas Perhubungan, Angkutan Antarkota dalam Provinsi (AKDP), Al- Hisbah
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rina Rahmayana Rina
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:06
Last Modified: 27 Jan 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item
View Item