Peran Tuha Peuet Dalam Melaksanakan Pengawasan APBG 2021 Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie

Darmawan, 170105072 (2023) Peran Tuha Peuet Dalam Melaksanakan Pengawasan APBG 2021 Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Peran Tuha Peuet Dalam Melaksanakan Pengawasan APBG 2021 Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie] Text (Peran Tuha Peuet Dalam Melaksanakan Pengawasan APBG 2021 Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie)
Darmawan, 170105072, FSH, HTN, 081263916367.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Peran Tuha Peuet Gampong diatur dalam Qanun Aceh. Dalam penyelenggarannya, pemerintahan Gampong sendiri tak terlepas dari peran Lembaga Tuha Peuet Gampong baik itu dalam hal mengawasi serta mengontrol jalannya pemerintahan Gampong yang dilaksanakan oleh Keuchik.. Keberadaan lembaga Tuha Peuet di Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie, belum memberikan kontribusi secara maksimal, Peneliti ini mengkaji, pertama bagaiman peran pengawasan Tuha Peuet dalam mengawasi APBG 2021 Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie?. Kedua, bagaimana kendala dan upaya Tuha Peuet dalam menjalankan pengawasan APBG 2021 Gampong Lambideng?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif empiris. Dari hasil penelitian didapati bahwa pertama peran pengawasan Tuha Peuet dalam mengawasi APBG 2021 Gampong Lambideng Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie adalah sebagai legislasi dan pengawasan terhadap setiap penggunaan dan pengelolaan APBG yang dilakukan oleh keuchik. Namun menurut ketua Tuha Peuet, mereka tidak ada mengawasi APBG sekarang, karena keuchik menganggap tuha peuet tidak berperan penting atas APBG. Kedua hambatan yang dialami tuha peuet dalam mengawasi APBG kurangnya sumber daya manusia berupa keahlian tuha peuet memahami dari peran yang harus dilaksanakan. Kemudian tidak adanya koordinasi permintaan persetujuan oleh keuchik dalam penggunaan APBG dan transparansi oleh keuchik kepada tuha peut atas pengelolaan APBG. Peran Tuha Peuet Gampong Lambideng tidak berjalan sesuai dengan fungsi sejak musrenbang pertama tidak adanya komunikasi dan koordinasi oleh keuchik ke tuha peuet. Upaya yang dilakukan tuha peuet adalah dengan meminta pertanggung jawaban dari keuchik dengan membuat rapat pertanggung jawab terhadap pembangunan gampong yang sudah dilaksanakan. Namun tidak ada penjelasan yang konkrit dari pihak keuchik. Meskipun demikian, tuha peuet tetap melaksanakan pengawasan namun pengawasan pembangunan gampong sesuai dengan rancangan musrenbang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Darmawan Darmawan
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:49
Last Modified: 27 Jan 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26041

Actions (login required)

View Item
View Item