Pengembangan LKPD Berbasis PBL pada Materi Gelombang Bunyi Kelas VIII di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar

Iis Yusrida, 150204025 (2022) Pengembangan LKPD Berbasis PBL pada Materi Gelombang Bunyi Kelas VIII di SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan  LKPD  Berbasis PBL] Text (Pengembangan LKPD Berbasis PBL)
Iis Yusrida, 150204025, FTK, PFS, 08217008097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan minat peserta didik di SMP N 1 Darul Imarah Aceh Besar dalam proses pembelajaran fisika. Penyebabnya karena minimnya bahan belajar yang digunakan, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL agar peserta didik dapat mengikuti dan memahami proses pembelajaran fisika dengan mudah dan tertarik dengan menerapkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis PBL yang dikembangkan, respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis PBL yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli,,dan angket peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian LKPD Fisika pada gelombang bunyi oleh ahli desain media didapatka presentase kelayakan untk ukuran LKPD memperoleh presentase sebesar 87%. yang diperoleh dari hal ini berarti bahwa LKPD berbasis PBL dapat digunakan dengan kriteria sangat layak. Presentase untuk hasil validator ahlisubstansi materi didapatkan 94% dengan kategori sangat layak. Sedangkan persentase respon peserta didik sebesar 81% tertarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL ) yang dikembangkan dapat digunakan di SMP N 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M. Pd., Ph.D 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Iis Yusrida Iis
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:45
Last Modified: 27 Jan 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item
View Item