Klasifikasi Bryophyta Di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di SMAN 1 Tangse

Rini Fitriani, 160207073 (2022) Klasifikasi Bryophyta Di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di SMAN 1 Tangse. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Klasifikasi Bryophyta Di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di SMAN 1 Tangse] Text (Klasifikasi Bryophyta Di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di SMAN 1 Tangse)
Rini Fitriani, 160207073, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tumbuhan lumut (Bryophyta) hidup subur pada lingkungan yang lembab, yang menempel pada berbagai substrat, baik di pohon, di kayu lapuk, serasah tanah dan bebatuan. Air Terjun Beungga mendukung dengan kehidupan lumut. Kurangnya media dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Tangse merupakan salah satu ketidaktertarikan siswa terutama pada materi tumbuhan lumut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan lumut (Bryophyta) yang terdapat di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie, menganalisis kelayakan media atlas Bryophyta materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di SMAN 1 Tangse, dan menganalisis hasil respon siswa terhadap media pembelajaran pada materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di SMAN Tangse dari hasil penelitian Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse. Penelitian ini menggunakan metode jelajah di sepanjang kawasan menuju air terjun yang dijadikan sebagai objek penelitian. Pengambilan sampel lumut dimulai dari pintu memasuki air terjun sampai ke semua kawasan air terjun. Hasil penelitian di Kawasan Air Terjun Beungga Kecamatan Tangse terdapat 19 jenis tumbuhan lumut yang mewakili 11 famili dan 7 ordo. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Atlas Bryophyta. Persentase kelayakan media Atlas Bryophyta diperoleh hasil 82,14% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan materi Atlas Bryophyta diperoleh hasil 77,27% dengan kriteria layak direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran. Hasil respon siswa diperoleh total persentase keseluruhan aspek yaitu 89,82% dengan kriteria sangat menarik dan dinyatakan dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas X pada materi Tumbuhan lumut (Bryophyta) di SMAN 1 Tangse.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini Fitriani Rini
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:52
Last Modified: 27 Jan 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26049

Actions (login required)

View Item
View Item