Rosma Yanti, 211121022 (2017) Problematika Pembelajaran Agama Islam di SMP Muhammadiyah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rosma Yanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (662kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan suatu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan disekolah baik itu sekolah umum maupun sekolah madrasah. selama ini masyarakat menumpukan harapannya kepada guru agama untuk mengatasi pengikisan esensial dari eksistensi manusia itu sendiri. Hal ini dikarenakan Pendidikan Agama Islam terbukti mampu efektif melahirkan manusia yang taat beribadah dan berakhlak mulia. Dalam proses pembelajaran muncul berbagai kendala yang dihadapi baik itu dari pihak murid, guru. Adapun problematika yang dihadapi guru yaitu tidak menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Problematika yang dihadapi siswa dimana siswa masih kurang memahami materi. Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu memberikan bimbingan dan arahan ketika siswa menghadapi kesulitan pada saat proses pemeblajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah Banda Aceh, Apa saja problematika yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran Agama Islam di SMP Muhammadiyah Banda Aceh? dan Bagaimana Upaya dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Banda Aceh. Sedangkan tujuan penelitian adalah apa yang menjadi pertanyaan dari rumusan masalah. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Riserch) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Teknik non random sampling yaitu memilih anggota populasi tertentu saja untuk dijadikan sampel adapun sampel dalam penelitian ini adalah di kelas XI-1 SMP Muhammadiyah Banda Aceh dan Kepala sekolah SMP Muhammadiyah Banda Aceh, Guru PAI SMP Muhammadiyah Banda Aceh.Hasil Penelitian menemukan adanya kendala yang dihadapi guru yaitu keadaan sarana dan prasarana sebagai alat penunjang pendidikan di SMP Muhammadiyah Banda Aceh yang belum memadai khususnya untuk kelancaran proses belajar pendidikan Agama Islam, adanya kesulitan siswa dalam memahami materi. Kemudian masih ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-qur’an dan menulis tulisan berbahasa Arab, masih kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam. Problematika pembelajaran Agama Islam yang dialami siswa di SMP Muhammadiyah Banda Aceh yaitu terbatasnya waktu pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa belum terlalu memahami materi keseluruhannya, serta guru jaran menggunakan media dan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan Upaya yang diberikan oleh guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Agama Islam di SMP Muhammadiyah Banda Aceh adalah memberikan bimbingan dan arahan ketika siswa menghadapi kesulitan dalam proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, menambah jam pembelajaran pendidikan Agama Islam, dan menyediakan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Dr. Muslim RCL,SH,M.Ag 2.Musradinur, S.Pd.I, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rosma Yanti |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 02:47 |
Last Modified: | 27 Feb 2018 02:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2605 |