Efektivitas Kebijakan Belajar Dari Rumah Secara Daring Pada Masa Penanganan Covid-19 Di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh

Mujihadi, 160802123 (2021) Efektivitas Kebijakan Belajar Dari Rumah Secara Daring Pada Masa Penanganan Covid-19 Di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Belajar Daring] Text (Belajar Daring)
Mujihadi, 160802132, FISIP, IAN, 085365427124.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar, baik itu di bidang ekonomi negara maupun dalam dunia pendidikan. Adanya pandemi berskala besar menyebabkan beberapa daerah menetapkan berbagai kebijakan dalam pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19, salah satu kebijakan yang diambil Pemerintah Aceh dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19 tersebut dari segi pendidikan yaitu dengan pemberlakuan belajar dari rumah secara daring. Dalam hal ini, Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh ikut serta mengikuti sistem pembelajaran dari rumah secara daring, Maka oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan hambatan dalam penerapan kebijakan belajar dari rumah secara daring pada masa penangan covid-19 di SDN 57 Banda Aceh. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan belajar dari rumah secara daring pada masa penanganan Covid-19 di SDN 57 Banda Aceh dinilai efektif. Hal ini dapat diketahui dari berjalannya indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, serta memberikan perubahan nyata. Meskipun kebijakan tersebut dinilai efektif, tidak sedikit hambatan yang diterima dalam proses penerapannya, diantara hambatan yang diterima adalah terdapatnya perbedaan tingkat kemampuan pemahaman pada siswa dalam proses pembelajaran daring, tidak memadainya sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran daring, dan juga minimnya kerjasama orang tua siswa dengan guru dalam mendukung lancarnya proses pembelajaran daring di tengah masa penanganan Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mujihadi Muji
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:53
Last Modified: 27 Jan 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item
View Item