Peran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kota Banda Aceh.

Wilian Hafiz, 170802090 (2023) Peran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kota Banda Aceh] Text (Peran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kota Banda Aceh)
Wilian Hafiz, 170802090, FISIP, IAN, 082262359820.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang masih banyak terjadi di Indonesia dan merupakan salah satu indikator yang menyebabkan kemiskinan di Indonesia umumnya dan Kota Banda Aceh khususnya. Penyerapan tenaga kerja yang masih minim tentu akan menyebabkan rendahnya penghasilan masyarakat sehingga daya beli mereka juga ikut rendah, dengan begitu maka perekonomian yang ada akan susah maju. Demi berhasilnya suatu pembangunan tentunya diperlukan angkatan kerja yang memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Penciptaan kesempatan kerja adalah tujuan yang akan dicapai dalam suatu pembangunan, terutama dalam kondisi Indonesia yang mengalami surplus tenaga kerja. Masalah penciptaan lapangan perkerjaan masih menjadi sebuah tantangan bagi strategi dan kebijakan pembangunan agar terciptanya penyerapan tenaga kerja dan menekan angka pengangguran di Indonesia. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat dan mendapatkan informasi tentang apa saja upaya yang dilakukan oleh Disnaker Kota Banda Aceh dalam melaksanakan perannya untuk menangani tingkat pengangguran yang ada di Kota Banda Aceh. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat apa saja kendala dan hambatan yang dihadapi oleh Disnaker Kota Banda Aceh dalam melaksanakan perannya untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah sebuah metode yang digunakan untuk meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran, serta suatu kilas peristiwa pada masa sekarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Disnaker Kota Banda Aceh dalam melaksanakan perannya untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Banda Aceh menjalankan 3 (tiga) peran yaitu sebagai regulator, komunikator dan fasilitator yang bertujuan agar program/kegiatan yang dilakukan dalam upaya menguranngi angka pengangguran dapat dilaksanakan dengan maksimal. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Disnaker Kota Banda Aceh yaitu terdapat pada bidang anggaran dan Sumber Daya Manusia yang kurang memadai sehingga pelaksanaan program/kegiatan menjadi terhambat dan tertunda.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Disnaker Kota Banda Aceh, Tingkat Pengangguran.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Wilian Hafiz Hafiz
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:12
Last Modified: 27 Jan 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item
View Item