Pelaksanaan Program Tahfidz Dalam Pembelajaran Al-Quran Pada Siswa SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya

Ayu Amalia, 180201021 (2023) Pelaksanaan Program Tahfidz Dalam Pembelajaran Al-Quran Pada Siswa SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Tahfidz Dalam Pembelajaran  Al-Quran Pada Siswa SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya] Text (Pelaksanaan Program Tahfidz Dalam Pembelajaran Al-Quran Pada Siswa SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya)
Ayu Amalia, 180201021, FTK, PAI, 082214901734.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pada era modern ini banyak umat islam yang kemampuan membaca Al-Qurannya sangat minim, untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah kabupaten Pidie Jaya mengeluarkan satu program pembelajaran Al-Quran yang disebut dengan Tahfidz, yang tertuang dalam Peraturan Bupati Pidie Jaya Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendidikan Berkarakter Islami (PBI) dengan target siswa mampu menghafal 2 Juz Al-Quran untuk tingkat SMP dan 1 Juz Al-Quran untuk tingkat SD. Salah satu sekolah yang melaksanakan program ini adalah SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya. Namun dalam pelaksanaan program tahfidz belum ada satupun siswa SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya yang telah mampu menyelesaikan target dari program ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan program tahfidz di SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya? 2. Bagaimana metode yang digunakan dalam pelaksanaan program tahfidz di SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz di SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan program tahfidz di SMPN 1 Meurah Dua Pidie Jaya dilaksanakan 2 jam pelajaran dalam seminggu dan diwajibkan bagi seluruh siswa, pembelajaran tahfidz dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelas VII hanya mempelajari tentang dasar-dasar ilmu tajwid, dan kelas VIII dan kelas IX sudah mulai menghafal dan masih tetap diajarkan tentang ilmu tajwid, metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz ini metode wahdah dan metode khitabah, evaluasi dilaksanakan dengan ujian lisan berupa hafalan dari segi kelengkapan, makharijul huruf, hukum bacaan dan mad dan tulisan berupa tes pengetahuan tentag ilmu tajwid. Faktor pendukung berupa penyediaan fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan program tahfidz seperti ruang kelas, musalla, perpustakaan dan Al-Quran sedangkan faktor penghambatnya berupa kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya kemampuan dasar membaca Al-Quran siswa, rasa malas pada siswa, dan proses pembelajaran yang membosankan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Amalia
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:29
Last Modified: 27 Jan 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item
View Item