Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Teunom

Nurul Amna, 150207147 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Teunom. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Teunom] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Teunom)
Nurul Amna, 150207147, FTK, PBL, 085358662870.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Motivasi siswa dapat mempengaruhi hasil belajar, namun kurangnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dan serta strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga dapat menyebabkan siswa tidak paham materi yang disampaikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mareri sistem ekskresi manusia di SMP Negeri 1 Teunom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimet dengan desain one grup pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalh seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teunom, sedangkan sampel yang dalam penelitian adalah siswa kelas VIIIb yang berjumlah dari 20 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitan ini terdiri dari lembaran angket untuk melihat tangkapan siswa dan soal test untuk menilai hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitan ini diantaranya untuk motivasi menggunakan rumus persentase dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji stasistik t-test signifikasi 0,05. Kemudian untuk mengukur hasil belajar menggunakan N-gain dan uji-t. Hasil penelitian menujukan bahwa motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia, semua indikator diperoleh nilai rata-rata 69,8 % dalam kategori tinggi. Kemudian hasil analisis hasil belajar dengan N-gain diperoleh rata-rata 0,66 termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya analisis hasil belajar siswa yang diperoleh nilai signifikasi thitung > ttabel atau 12,57 > 1,73. S. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diartikan terdapat peningktan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia pada kelas VIIIb di SMPN 1 Teunom.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Amna
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:10
Last Modified: 31 Jan 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26079

Actions (login required)

View Item
View Item