Sikap Mahasiswa Terhadap Tagar #Percumalaporpolisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar- Raniry)

Mufti Lazuardi, 170401008 (2022) Sikap Mahasiswa Terhadap Tagar #Percumalaporpolisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar- Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sikap Mahasiswa Terhadap Tagar #Percumalaporpolisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas  Dakwah dan Komunikasi UIN Ar- Raniry)] Text (Sikap Mahasiswa Terhadap Tagar #Percumalaporpolisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar- Raniry))
Mufti Lazuardi, 170401008, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tagar #percumalaporpolisi ramai dibahas di jejaring media sosial pada Oktober 2019 atas kasus pencabulan yang terjadi di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dan kemudian tagar #percumalaporpolisi tersebut muncul kembali atas peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh seorang mahasiswi pada Desember 2021. Pemberitaan berita dalam tagar #percumalaporpolisi dibicarakan di banyak tempat di Indonesia, termasuk mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi membicarakan pemberitaan mengenai tagar #percumalaporpolisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sikapmahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dalam menanggapi tagar #percumalaporpolisi di jejaring media sosial instagram dan twitter terhadap kinerja polisi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori stimulus organism response (S-0-R). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil wawancara yang dilakukan, didapati respon negatif dari setiap narasumber dengan menunjukkan sikap atau respon rasa kesal, tidak adil, kecewa maupun sedih terhadap pemberitaan dalam kasus tagar #percumalaporpolisi tersebut atas adanya keterlibatan anggota kepolisian sebagai tersangka dalam kasus tersebut serta pihak kepolisian dinilai kurang efektif dalam bekerja sehingga menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pihak kepolisian dalam mengamankan danmenyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mufti Lazuardi Mufti
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:21
Last Modified: 31 Jan 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item
View Item