Implementasi Metode Tabarak Dalam Menghafal Alquran di Bait Tahfiz Alquran Ridhallah Desa Lam Bheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Nurul Iffah, 180303022 (2023) Implementasi Metode Tabarak Dalam Menghafal Alquran di Bait Tahfiz Alquran Ridhallah Desa Lam Bheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode menghafal Alquran dengan menggunakan Metode Tabarak] Text (Membahas tentang metode menghafal Alquran dengan menggunakan Metode Tabarak)
SKRIPSI Nurul Iffah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Menghafal Alquran yang dilaksanakan pada Bait Tahfiz Alquran Ridhallah adalah dengan menerapkan Metode Tabarak yang pada pelaksanaan menghafalnya lebih dominan menggunakan pancaindra. Pelaksanaan Metode Tabarak ini berbeda dengan metode menghafal yang lainnya, dimana metode ini menggunakan media audio visual dalam proses menghafal (peserta didik hanya melihat dan mendengar saja). Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana implementasi Metode Tabarak dalam menghafal Alquran serta melihat bagaimana keberhasilan metode Tabarak dalam menghafal Alquran pada Bait Tahfiz Alquran Ridhallah Desa Lam Bheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan (field research), data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian data ini diolah secara deksriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi Metode Tabarak di Bait Tahfiz Alquran Ridhallah adalah sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan kurikulum Metode Tabarak yang ada, hanya saja pada jenjang PAUD-QU tidak menerapkan materi hafalan dengan tingkatan level seperti ketentuan kurikulum Metode Tabarak, dikarenakan sudah mengadaptasi dengan kurikulum inti yang tunduk di bawah Kementrian Agama RI. (2) Metode Tabarak yang diterapkan di Bait Tahfiz Alquran Ridhallah dapat dikatakan berhasil ditinjau dari segi efektivitas para peserta didik dalam mencapai target hafalan yang telah diterapkan. Seluruh peserta didik dapat mencapai target tersebut dengan tidak melebihi batas waktu yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.7 Musabaqah Tilawatil Qur'an, Hafalan Al-Quran, Cerdas Cermat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nurul Iffah Iffah
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:30
Last Modified: 31 Jan 2023 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26093

Actions (login required)

View Item
View Item