Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIS Rambung Gayo Lues

Karmila, 180209030 (2023) Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIS Rambung Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIS Rambung Gayo Lues] Text (Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIS Rambung Gayo Lues)
Karmila, 180209030, FTK, PGMI, 082112501406.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan membaca sangat penting untuk dikuasai karena keberhasilan tahap membaca permulaan akan sangat berpengaruh terhadap proses membaca selanjutnya. Kurangnya keterampilan membaca dan adanya siswa yang belum bisa membedakan huruf merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk meningkatkan kemampuan membaca menjadi lebik baik, peneliti menggunakan salah satu media pembelajaran berupa media kartu huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus , dengan subjek 29 siswa. Teknik pada pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk megukur peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dan observasi digunakan untuk melihat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan media kartu huruf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Peningkatan nilai rata-rata pratindakan ke siklus I naik sebesar 10,52 dari 51,89 menjadi 62,41. Dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata naik sebesar 6,72 dari 62,41 menjadi 69,13. Pada siklus III nilai rata-rata naik sebesar 4,31 dari 69,13 menjadi 73,44. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Karmila Karmila
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:14
Last Modified: 31 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26097

Actions (login required)

View Item
View Item