Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTs

Munawwarah, 170205108 (2023) Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTs] Text (Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTs)
Munawwarah, 170205108, FTK, PMA, 081375746184.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Hasil UN tingkat MTs terlihat masih rendah. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan saintifik yang tidak sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung melalui pendekatan etnomatematika dan proses pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung melalui pendekatan etnomatematika siswa SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiemen, dengan Desain Pretest-postest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsS Darussa’adah Cot Tarom, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling sehingga terpilih kelas IX/1 sebagai kelas kontrol dan kelas IX/3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan selembar tes pembelajaran melalui etnomatematika materi bangun ruang sisi lengkung yang kemudian dianalisis dengan menggunakan independent sampel t-tes melalui SPSS. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada nilai sig.(2-tailed) independent sampel t-test 0.000<0.05. sehingga H1 diterima, maka pembelajaran menggunakan pendektan etnomatematika lebih baik dari pada pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan etnomatematika. Dapat disimpulkan bahwa, selama proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran melalui pendekatan etnomatematika yang berkaitan budaya lokal dapat memberikan pemahaman siswa dalam kehidupan sehari-hari juga mengenalkan siswa pada budaya lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Etnomatematika Aceh
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawwarah Una
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:24
Last Modified: 31 Jan 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26103

Actions (login required)

View Item
View Item