Implementasi Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas XI Di SMAN 8 Takengon Unggul

Sayunita, 160201178 (2023) Implementasi Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas XI Di SMAN 8 Takengon Unggul. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Saintifik  Pada Kelas XI Di SMAN 8 Takengon Unggul] Text (Implementasi Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas XI Di SMAN 8 Takengon Unggul)
Sayunita, 160201178, FTK, PAI, 082360131538.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pada era modern ini peserta didik dituntut untuk lebih aktif selama proses pembelajaran, tidak bergantung sepenuhnya kepada guru. Dan guru juga diberikan tugas untuk senantiasa membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang guru khususnya guru PAI untuk lebih memahami kembali cara penerapan Pendekatan Saintifik pada proses pembelajaran, sehingga tujuan dari adanya Pendekatan Saintifik ini dapat terealisasi dengan baik dan benar. Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi guru dalam pembelajaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 8 Takengon Unggul? Bagaimana upaya guru mengatasi hambatan dalam implementasi pembelajaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 8 Takengon Unggul?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendekatan saintifik pada proses pembelajaran PAI di SMAN 8 Takengon Unggul sudah dilaksanakan sesuai dengan kurikukum 2013. Di mana implementasi pendekatan saintifik ini dimulai dengan tahapan bertanya, berdiskusi, mencoba, menyimpulkan dan menciptakan. Kendala yang ditemukan yaitu perbedaan karakteristik siswa. Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMAN 8 Takengon Unggul berjalan dengan lancar dan telah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sayunita Sayunita
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:17
Last Modified: 31 Jan 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26107

Actions (login required)

View Item
View Item