Analisis Strategi Pengembangan Produk Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Meningkatkan Keunggulan Saing (Studi Pada BMT Taman Indah Aceh Besar)

Sharfina, 180603173 (2022) Analisis Strategi Pengembangan Produk Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Meningkatkan Keunggulan Saing (Studi Pada BMT Taman Indah Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Strategi Pengembangan Produk Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Meningkatkan Keunggulan Saing] Text (Analisis Strategi Pengembangan Produk Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Meningkatkan Keunggulan Saing)
Sharfina, 180603173, FEBI, PS, 082370693150.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Banyaknya muncul lembaga keuangan baik lembaga bank maupun non bank yang menawarkan produk yang sama membuat lembaga tersebut harus memiliki strategi untuk mengembangkan produknya agar tetap bersinar di era persaingan yang ketat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pada BMT Taman Indah dalam meningkatkan keunggulan saing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif bersumber dari wawancara yang dilakukan langsung dengan Manager BMT dan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan BMT untuk mengembangkan produknya adalah dengan meluncurkan produk baru yaitu produk rahn dan ijarah, selanjutnya memodifikasi produk lama guna menambah manfaat bagi nasabahnya. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keunggulan saingnya adalah dengan melakukan promosi yaitu dengan personal selling, publicity dan sales promotion, upaya selanjutnya meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga hubungan baik dengan pemerintah dan lembaga keuangan lainnya dan membuka banyak cabang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Sharfina Fina
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:20
Last Modified: 31 Jan 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26116

Actions (login required)

View Item
View Item