Pengaruh Gadget Terhadap Nilai Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Di Desa Kampung Aie Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue)

Elvina, 180302014 (2023) Pengaruh Gadget Terhadap Nilai Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Di Desa Kampung Aie Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pengaruh Gadget Terhadap Nilai Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Di Desa Kampung Aie Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue)] Text (Pengaruh Gadget Terhadap Nilai Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Di Desa Kampung Aie Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue))
Elvina, 180302014, FUF, SAA, 082299678343.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang sebuah alat elektronik canggih yang telah dikenal manusia sejak jutaan tahun lalu yang terus berkembang pesat hingga saat ini yang disebut dengan gadget. Gadget memiliki kemampuan tinggi yang ditemukan dan dapat diterima secara luas dari berbagai macam Negara dibelahan dunia. Yang mana selain memiliki fungsi untuk melalukan panggilan telepon dan menerima pesan gadget juga dapat mengakses Internet dengan fitur-fitur yang begitu canggih, sehingga setiap orang tertarik ingin memiliki gadget. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh gadget terhadap nilai keberagamaan remaja desa kampung Aie. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yang berbasis pada penelitian lapangan, dan menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh gadget terhadap keberagamaan remaja desa kampung Aie yaitu: Pertama, pengaruh gadget terhadap keberagamaan remaja di desa kampung Aie dapat ditinjau dari (1) penggunaan gadget, (2) aplikasi yang paling banyak diminati, (3) pengawasan orang tua, (4) aktivitas keagamaan remaja. Kedua, dampak positif gadget terhadap keberagamaan remaja desa Kampung Aie yaitu: (1) Meningkatkan ilmu pengetahuan (2) Mempermudah komunikasi (3) Media pembelajaran (4) Ladang bisnis. Dampak negatifnya yaitu: (1) Menyebabkan kecanduan (2) Lalai dalam aktivitas keagamaan (3) Merubah sikap dan perilaku (4) Waktu terbuang sia-sia (5) Terpengaruh budaya barat. Kemudian, alasan gadget mempengaruhi keberagamaan remaja karena: (1) cakupan gadget yang begitu luas sehingga remaja bebas untuk mengakses apa saja tanpa ada batasannya, dapat berpengaruh positif ataupun negatif terhadap remaja tergantung bagaimana remaja menggunakan gadget tersebut. (2) Gadget juga memberikan fasilitas berupa media-media yang dapat remaja pergunakan sebagai media pembelajaran ilmu agama, yang dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan keagamaan remaja desa Kampung Aie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Elvina Elvi
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:21
Last Modified: 31 Jan 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item
View Item