Peran Perangkat Gampong dalam Meningkatkan Syiar Islam di Gampong Araih Kecamatan Kembang Tanjung Kabupaten Pidie.

Liza Hanim, 180402050 (2022) Peran Perangkat Gampong dalam Meningkatkan Syiar Islam di Gampong Araih Kecamatan Kembang Tanjung Kabupaten Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Perangkat Gampong Dalam Meningkatkan Syiar Islam] Text (Peran Perangkat Gampong Dalam Meningkatkan Syiar Islam)
Liza Hanim, 180402050, FDK, BKI, 082221509891.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang peran perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam di Gampong Araih. Idealnya sebuah gampong memiliki syiar Islam yang kuat dan baik. Namun di Gampong Araih kegiatan syiar Islam yang diselenggarakan belum berjalan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membahas peran dan fungsi perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam di Gampong Araih, (2) menjelaskan usaha perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam di Gampong Araih, dan untuk menganalisis (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam di Gampong Araih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu, keuchik, lima orang perangkat gampong dan enam orang masyarakat. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam adalah dengan memberi pelayanan kepada masyarakat, mengarahkan masyarakat, membina kehidupan masyarakat, dan menjalankan tugas sesuai dengan kedudukannya masing-masing. Usaha perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam yaitu mengajak masyarakat meramaikan meunasah, menempelkan pengumuman di papan informasi serta membuat pengumuman di meunasah agar masyarakat mengikuti kegiatan syiar Islam yang telah diadakan. Faktor pendukung perangkat gampong dalam meningkatkan syiar Islam yaitu adanya fasilitas yang telah disediakan, baik dari sarana maupun prasarana seperti adanya tempat berlangsungnya kegiatan syiar Islam dan tersedianya kitab dan al-Qur’an. Faktor penghambatnya yaitu dana yang dibutuhkan belum mencukupi untuk kegiatan syiar Islam, kurangnya pengajar yang disediakan, ketidakaktifan pengajar, penyampaian materi yang berulang dan pengajar sering kali tidak hadir pada saat kegiatan majlis taklim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Liza Hanim Liza
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:19
Last Modified: 31 Jan 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26121

Actions (login required)

View Item
View Item