Pengaruh Pembangunan Lokasi Wisata Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perskpektif Islam Di Kabupaten Aceh Jaya.

Rusli Azmi, 170602171 (2023) Pengaruh Pembangunan Lokasi Wisata Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perskpektif Islam Di Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pembangunan Lokasi Wisata Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perskpektif Islam Di Kabupaten Aceh Jaya.] Text (Pengaruh Pembangunan Lokasi Wisata Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perskpektif Islam Di Kabupaten Aceh Jaya.)
Rusli Azmi, 170602171, FEBI, ES, 081929790198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan wisata sebagai penggerak sektor ekonomi dapat menjadi solusi bagi pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah strategi yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Aceh Jaya dalam mengembangkan sektor pariwisata guna meningkatkan pendapatan masyarakat di lokasi wisata, dan praktik bisnis yang di lakukan di lokasi wisata di Aceh Jaya telah sesuai dengan konsep halal tourism. Jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Aceh Jaya dalam mengembangkan obyek wisatanya adalah dengan strategi kewilayahan dan teknik carrying capacity dengan melakukan pelatihan dan penyuluhan seperti penyuluhan sadar wisata dan pelatihan penjaga pantai. Selain itu, dengan melakukan promosi melalui media cetak dan media sosial, melalui beberapa event-event kebudayaan. Dampak dari strategi yang telah di terapkan terbukti dengan meningkatnya PAD dari sektor pariwisata walaupun jumlahnya tidak selalu naik tiap tahunnya. Sedangkan praktik bisnis yang di lakukan di lokasi wisata di Aceh Jaya telah sesuai dengan konsep halal tourism seperti lebih menekankan kepada konsep keadilan dan amanah dalam menata, merawat, memanfaatkan dan melestarikan sumber daya pariwisata yang dimiliki untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya masyarakat sekitar obyek wisata di Kabupaten Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Masyarakat, Pariwisata, Strategi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rusli Azmi Rusli
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:12
Last Modified: 31 Jan 2023 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26131

Actions (login required)

View Item
View Item