Strategi Pemenangan Politisi Golkar (Studi Kasus Pemilihan Legislatif 2019 Dapil III Kecamatan Tapaktuan-Samadua Kabupaten Aceh Selatan)

Egi Suhelfi, 170801104 (2022) Strategi Pemenangan Politisi Golkar (Studi Kasus Pemilihan Legislatif 2019 Dapil III Kecamatan Tapaktuan-Samadua Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pemenangan Politisi Golkar (Studi Kasus Pemilihan Legislatif 2019 Dapil III  Kecamatan Tapaktuan-Samadua  Kabupaten Aceh Selatan)] Text (Strategi Pemenangan Politisi Golkar (Studi Kasus Pemilihan Legislatif 2019 Dapil III Kecamatan Tapaktuan-Samadua Kabupaten Aceh Selatan))
Egi Suhelfi, 170801104, FISIP, IPOL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis modalitas yang dimiliki Siska Rajo Evi ketika berkompetisi pada Pemilihan Legislatif dan melihat apa saja yang dirancang menjadi startegi politik dalam upaya memenangkan Siska Rajo Evi pada pemilihan legislatif kabupaten Aceh Selatan 2019. Siska Rajo Evi bukanlah putra asli dari daerah pemilihan Tapaktuan-Samadua sekaligus bukan sebagai calon yang diunggulkan oleh partai Golongan Karya. Di partai Golongan Karya (Golkar) nomor urut 1 bernama Teuku Mudatsir merupakan ketua partai dan salah satu kandidat petahana masa periode terdahulu yang mencalonkan kembali. Namun Rajo Evi berhasil memperoleh sebanyak 1.334 suara dan mengungguli calon nomor urut 1 di partai yang sama yang hanya memperoleh 1.169 suara . Metodologi penelitian ini menggunakan metode kulitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Caleg Siska Rajo Evi pada pemilihan legislatif kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2019 memiliki modalitas yang cukup baik sebagai politisi baru, diantaranya modalitas sosial, modalitas politik dan modalitas ekonomi. Modalitas yang dimiliki calon legislatif baru Siska Rajo Evi yang berpengaruh dan mampu memberi persepsi kepada para pemilih yaitu sebagai ketua KNPI dan mantan jubir kampanye Azam (calon bupati Aceh Selatan) meningkatkan dukungan politik oleh masyarakat di dapil III kecamatan Tapaktuan-Samadua. Modalitas yang diramu menjadi startegi politik memberi kekuatan kepada kandidat, tim pemenangan, elit politi lokal dan relawan yang memiliki pangaruh untuk mendapatkan simpatik pemilih untuk mendulang suara pada pemilihan calon legislatif kabupaten Aceh Selatan 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Egi Suhelfi Egi
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:28
Last Modified: 31 Jan 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26133

Actions (login required)

View Item
View Item