Dampak Pemanfaatan Aplikasi Inlislite Terhadap Kemajuan Layanan Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara

Tegar M. Husni, 190503332 (2022) Dampak Pemanfaatan Aplikasi Inlislite Terhadap Kemajuan Layanan Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Pemanfaatan Aplikasi Inlislite Terhadap Kemajuan Layanan Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara] Text (Dampak Pemanfaatan Aplikasi Inlislite Terhadap Kemajuan Layanan Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara)
Tegar M. Husni, 190503332.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Pemanfaatan Aplikasi Inlislite Terhadap Kemajuan Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara”. Adapun rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah Apakah pemanfaatan aplikasi Inlislite berdampak terhadap kemajuan layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Aceh Tenggara. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan aplikasi Inlislite terhadap kemajuan layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Aceh Tenggara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti akan mengungkap masalah yang dihadapi dengan menggambarkan setiap aspek sebagaimana adanya dalam bentuk data statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka yang sudah pernah memanfaatkan aplikasi Inlislite di perpustakaan Kabupaten Aceh Tenggara yang berjumlah 198 pemustaka dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 pemustaka yang di ambil dari populasi menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi, uji regresi, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. Dari hasil uji korelasi menunjukkan bahwa variabel X (pemanfaatan aplikasi Inlislite) memiliki dampak terhadap variabel Y ( kemajuan layanan perpustakaan) dengan nilai angka korelasi 0.791 ini menunjukkan hubungan yang kuat. Uji regresi linear, persamaan regresi adalah Y=2.258+1.463x dapat di artikan bawah arah pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) adalah positif. Uji hipotesis Pada pembuktian hipotesis nilai signifikan pada regresi yaitu 0.000<0.005. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikat dari variabel (X) terhadap variabel (Y). Uji determinasi bertujuan untuk mengetahui berapa persen pengaruh variabel X terhadap variabel Y, hasil uji determinasi adalah 0.626 apabila di persentasekan menjadi 62,6%. Jadi pengaruh variabel X terhadap variabel Y 62.6%. Dapat diartikan memiliki pengaruh yang kuat. Sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.7 Persiapan Fisik untuk Penyimpaan dan Penggunaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Tegar M. Husni Tegar
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:44
Last Modified: 31 Jan 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26145

Actions (login required)

View Item
View Item