Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Penanganan Prilaku Indisipliner Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh

Heri AS, 271222985 (2017) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Penanganan Prilaku Indisipliner Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Bimbingan Konseling)
HERI AS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Guru bimbingan konseling menduduki posisi dinamis untuk melaksanakan hak dan kewajiban dalam menangani siswa yang berperilaku dalam indisipliner menjadi siswa yang berprilaku disiplinyang menjadi permasalahan dalam skripsi ini ialah adanya siswa yang tidak disiplin dalam belajar.Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam penanganan perilaku indisipliner di SMA Insyafuddin Banda Aceh. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi masalah indisipliner siswa di SMA Insyafuddin Banda Aceh. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru bimbingan konseling dalam penanganan perilaku indisipliner di SMA Insyafuddin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif bersipat fild research, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokomentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, empat orang siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling sudah menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Guru bimbingan kongseling memanggil siswa yang sering melanggar peraturan sekolah dan peraturan tentang kedisiplinan yang sudah ditetapkan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Tanggung jawab kepala sekolah dalam pelaksanaan penanganan perilaku indisipliner sudah dijalankan dengan baik di SMA Inshafuddin Banda Aceh, setiap kegiatan dilakukan pengawasan dan pengarahan atau pembinaan pada saat pelaksanaan penanganan perilaku indisipliner siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru bimbingan konseling berusaha semaksimal mungkin memantau siswa/siswi yang ada di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Guru bimbingan konseling dan kepala sekolah saling bekerja sama dengan yang lainnya dalam menjalankan program yang sudah ada di sekolah terutama dalam penanganan perilaku kedisiplinan yang sudah dibuat bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ismail Anshari, MA 2. Dra. Jamaliah Hasballah, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Indisipliner, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heri Abdul Somad
Date Deposited: 23 Feb 2018 04:05
Last Modified: 23 Feb 2018 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item
TOP