Upaya Pencegahan Terhadap Peredaran Narkotika Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Gampong Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya)

Mai Yussa, 170104012 (2023) Upaya Pencegahan Terhadap Peredaran Narkotika Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Gampong Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Upaya Pencegahan Terhadap Peredaran Narkotika Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Gampong Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya)] Text (Upaya Pencegahan Terhadap Peredaran Narkotika Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Gampong Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya))
Mai Yussa, 170104012, FSH, HPI, 081375405078_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan mengenai narkotika terus berkembang dengan berbagai kasus yang berbeda-beda dan sudah menyebar di kalangan remaja maupun orang dewasa yang ada di Gampong Meurandeh. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apa saja faktor penyebab beredar narkotika di Gampong Meurandeh, bagaimana upaya pencegahan yang dilakukan oleh Aparatur dan masyarakat Gampong Meurandeh dalam menanggulangi peredaran narkotika dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap peredaran narkotika di Gampong Meurandeh. Sumber data penelitian ini adalah data lapangan (field research) dan kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif yaitu menganalisa dan memecahkan masalah yang terjadi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah : Pertama faktor peredaran narkotika yang terjadi di Gampong Merandeh yaitu faktor pengangguran, faktor ekonomi, faktor geografis, faktor lingkungan, faktor pendidikan dan faktor ketidakmampuan untuk mengendalikan diri. Kedua upaya pencegahan yang dilakukan oleh Aparatur dan masyarakat Gampong Meurandeh yaitu terbentuk kegiatan bersama dalam bidang pertanian, perkebunan, bidang olahraga dan keagamaan. Dalam tinjauan hukum Islam narkotika tidak disebutkan hukumnya secara khusus dalam Al-Qur’an maupun hadis maka diselesaikan melalui metode qiyas yaitu dianalogikan kepada khamar karena adanya persamaan ‘illat yang ditimbulkan yaitu memabukkan, merusak kesehatan seperti merusak jaringan syaraf, hati, ginjal dan sebagainya, juga menimbulkan dampak psikososial yang sangat merugikan baik bagi para penyalahgunanya maupun bagi masyarakat, seperti kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Mai Yussa
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:56
Last Modified: 31 Jan 2023 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26163

Actions (login required)

View Item
View Item