Kepedulian Mahasiswa/i PAITerhadap Pergaulan Bebas Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Eli Marlinda, 180201069 (2023) Kepedulian Mahasiswa/i PAITerhadap Pergaulan Bebas Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepedulian Mahasiswa/i PAITerhadap Pergaulan Bebas Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Kepedulian Mahasiswa/i PAITerhadap Pergaulan Bebas Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Eli Marlinda, 180201069, FTK, PAI, 082370899200.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, pada setiap Fakultas terdapat prodi-prodi termasuk juga pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Prodi Pendidikan Agama Islam adalah salah satunya. Prodi PAI telah menerapkan peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap mahasiswa/i agar terhindar dari pergaulan yang tidak terkontrol atau cenderung bebas hingga membawa kerugian bagi setiap pribadi maupun khalayak ramai. Tetapi pada kenyataannya aktivitas dan interaksi dengan lawan jenis sulit untuk dihindari, sehingga masih terdapat mahasiswa/i yang berboncengan dengan lawan jenis layaknya pasangan yang memiliki ikatan sah. Pada saat hari libur kuliah terdapat mahasiswa/i yang duduk berdua-duaan di kantin yang sepi, seharusnya jika ingin mengerjakan tugas dengan teman lawan jenis sebaiknya memilih tempat yang ramai agar terhindar dari hal-hal yang negatif. Oleh karena itu tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pandangan mahasiswa/i PAI terhadap pergaulan bebas di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan tanggapan mahasiswa/i PAI terhadap pergaulan bebas di UIN Ar-Raniry Banda aceh. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan pengumpulan data mengggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan pandangan yang berbeda-beda seperti pergaulan bebas identik dengan remaja yang bersifat negatif dan berdampak buruk bagi pelakunya. Oleh karena itu pergaulan bebas diklasifikasikan pada dua tingakatan yakni tingkatan atas dan tingkatan bawah. Hal tersebut berlawanan dengan konteks ajaran agama Islam. Terkait dengan tanggapan mahasiswa/i PAI diperoleh tanggapan yang bervariasi. Umumnya mereka merasa prihatin dan sedih tempat bersarangnya ilmu mulai menjadi tempat hal yang tidak terpuji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eli Marlinda
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:11
Last Modified: 31 Jan 2023 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26168

Actions (login required)

View Item
View Item