Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur

Hidayat, 160204080 (2022) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan   Hasil   Belajar   Siswa   Kelas  X  pada Materi Hukum  Newton  di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur] Text (Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur)
Hidayat, 160204080.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur”, bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur setelah pemanfaatan media pembelajaran berbasis animasi dan respon siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis animasi pada materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian bersifat pre eksperimen. Desaian penelitian pree eksperiment one group pre-test post-test. Populasi penelitian 25 orang siswa dan sampel 25 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian lembar tes berupa angket. Pengumpulan data menggunakan Tes dan Angket. Respon siswa. Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi dan penentuan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur sebelum dan setelah pemanfaatan media pembelajaran berbasis animasi dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,2 artinya tergolong dalam kategori rendah. Respon siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis animasi pada materi Hukum Newton di Madrasah Aliyah Labuhanhaji Timur tergolong cukup baik dengan angka sebesar 45.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hidayat Hidayat
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:22
Last Modified: 31 Jan 2023 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item
View Item