Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs

Monika Ratu Sustina, 180205028 (2023) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan Matematika] Text (Pendidikan Matematika)
Monika Ratu Sustina, 180205028, PMA, FTK .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah hal yang sangat penting sehingga kemampuan pemecahan masalah menjadi tujuan untuk pengajaran matematika bahkan sebagai jantung matematika. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, Sehingga diperlukan adanya suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs setelah diterapkan pendekatan saintifik dan (2)mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifikdan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperiment Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri 4 Aceh Besar dengan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX E sebagai kelas eksperimen dan kelas IX A sebagai kelas kontrol.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji Mann-Whiteney.Hasil penelitian menunjukkan (1) secara keseluruhan, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memiliki tingkat N-Gain dengan kategori“sedang”dan(2)HasilujiMann-Whiteney menunjukkan−3,6945 < −1,96,sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih baik daripada dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Depositing User: Monika Ratu Sustina Monika
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:02
Last Modified: 01 Feb 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26186

Actions (login required)

View Item
View Item