Kemampuan Ustadz/Ustadzah Dalam Mengajarkan Al-Qur’an Di Tpa At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar

Ida Fitria, 180201053 (2023) Kemampuan Ustadz/Ustadzah Dalam Mengajarkan Al-Qur’an Di Tpa At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kemampuan Ustadz/Ustadzah Dalam Mengajarkan Al-Qur’an Di Tpa At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar] Text (Kemampuan Ustadz/Ustadzah Dalam Mengajarkan Al-Qur’an Di Tpa At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar)
Ida Fitria, 180201053, FTK, PAI, 083170608815.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Ustadz/ustadzah memiliki peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam pada lembaga nonformal, seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an. TPA merupakan lembaga pendidikan untuk meningkatkan taraf pengetahuan terhadap keagamaan khususnya dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan Ustadz/ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an di TPA At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar dan apa saja kendala Ustadz/ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an di TPA At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Ustadz/ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an di TPA At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Ustadz/ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an di TPA At-Taqwa Lampupok Raya Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan Ustadz/ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an bisa dinyatakan sudah mampu dikarenakan Ustadz/ustadzah disana memiliki latar belakang yang sangat bagus dalam hal membaca Al-Qur’an. Selain itu, para Ustadz/ustadzah pernah mengikuti lomba mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten. Selain itu, kemampuan Ustadz/ustadzah dapat dilihat pada keahlian mereka dalam memotivasi belajar santri dengan berbagai metode mengajar yang bervariasi, serta penggunaan strategi mengajar yang inovatif. Sedangkan kendala yang dialami Ustadz/ustadzah dalam mengajar Al-Qur’an adalah kurang mampunya santri dalam memahami ilmu Tajwid, seperti terlupanya pengucapan tasydid, tidak dapat membaca sesuai panjang pendek dengan mad asli, serta tidak memahami dengan baik dalam menyebutkan makharijul huruf. Dalam mengatasi kendala-kendala tersebut Ustadz/ustadzah senantiasa mengupayakan berbagai cara agar para santri tidak patah semangat dalam belajar Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Fitria
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:30
Last Modified: 31 Jan 2023 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26187

Actions (login required)

View Item
View Item