Pembinaan Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Budaya Organisasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Jaya

Alvi Husna Dewi, 180802098 (2022) Pembinaan Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Budaya Organisasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembinaan Aparatur Sipil Negara] Text (Pembinaan Aparatur Sipil Negara)
Alvi Husna Dewi, 180802098, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 1 Ayat 1 yang menjelaskan Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja pada instansi pemerintah. Dalam instansi pemerintah ternyata masih cukup banyak terjadi kesenjangan yang tidak sesuai dengan idealisme, masih terjadi masalah dalam instasi yaitu mengenai kedisiplinan pegawai belum diterapkan dengan terlalu ketat, sehingga masih ada pegawai terlihat terlambat datang kerja dan meninggalkan tempat kerja pada waktu jam kerja, dan masih ada pegawai yang mendahulukan urusan pribadi. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimanakah pembinaan yang dilakukan oleh pejabat yang berwenang pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Jaya dan bagaimana penerapan SOP dikantor BKPSDM Kabupaten Aceh Jaya. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif melalui pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa model pembinaan yang dilakukan instansi dalam meningkatkan budaya organisasi. Pertama pembinaaan ASN melalui penegakan disiplin sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, kedua pembinaan ASN melalui pemberian sanksi, pemberian sanksi yang diberikan sudah mengikuti prosedur yang dibuat oleh instansi adapun hukuman yang diberikan berupa hukuman disiplin ringan, sedang dan berat, namun pemberian sanksi masih tidak adil terhadap pegawai yang melakukan pelanggaran, dan ketiga pembinaan ASN melalui Pendidikan dan Pelatihan sudah dilaksanakan dengan baik walaupun masih terjadi hambatan yang berupa keterbatasan anggaran dalam melakukan program Pelatihan. Adapun SOP untuk membina para pegawai di Kantor BKPSDM sudah baik, dimana SOP itu sendiri merupakan pedoman yang dijadikan acuan dalam melaksanakan pekerjaan para pegawai, namun walaupun sudah baik, masih ada hal-hal yang membuat penerapan SOP tidak konsiten.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Alvi Husna Dewi Alvi
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:14
Last Modified: 02 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26190

Actions (login required)

View Item
View Item