Peran Usaha Kecil Menengah Batu Angin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat

Ryan Ananda Putra Lubis, 180404004 (2023) Peran Usaha Kecil Menengah Batu Angin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Usaha Kecil Menengah Batu Angin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat] Text (Peran Usaha Kecil Menengah Batu Angin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat)
Ryan Ananda Putra Lubis, 180404004, FDK, PMI, 082369222727.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Usaha Kecil Menengah Batu Angin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Usaha Kecil Menengah (UKM) Batu Angin dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, bagaimana tingkat kesejahteraan pekerja yang bekerja di UKM Batu Angin, apa saja hambatan yang dialami UKM Batu Angin dalam menigkatkan kesejahteraan pekerja. Penelitian ini dilaksanakan pada UKM Batu Angin di Desa Suka Jadi Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa UKM Batu Angin sudah berdiri sejak 4 tahun lamanya dan dalam perkembangannya mampu mempekerjakan 13 orang pekerja dalam sehari dengan hasil produksi Batu Angin yang dikirim ke beberapa daerah di pulau Sumatera. Keberadan UKM Batu Angin ini sangat berperan dalam menciptakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi masyarakat Desa Suka Jadi. Pekerja yang bekerja di UKM Batu Angin mengalami tingkat kesejahteraan, hal ini dapat dilihat dari bertambahnya pendapatan, kondisi rumah, pendidikan dan kesehatan para pekerja yang terpenuhi. Hambatan yang dialami UKM Batu Angin diantaranya: tingkat persaingan yang tinggi, keterbatasan bahan baku dan keterbatasan cetakan Batu Angin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ryan Ananda Putra Lubis Ryan
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:16
Last Modified: 02 Feb 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26207

Actions (login required)

View Item
View Item