Strategi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Wisata Religi di Aceh Barat Daya

Saras Satri, 180403056 (2022) Strategi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Wisata Religi di Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Wisata Religi di Aceh Barat Daya] Text (Strategi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Wisata Religi di Aceh Barat Daya)
Saras Satri, 180403056, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Strategi Duta Wisata Dalam Mempromosikan Wisata Religi di Aceh Barat Daya”. Fokus kajian ini adalah terkait strategi duta wisata dalam mempromosikan wisata religi, kendala dalam mempromosikan wisata religi, dan peluang wisata religi di Aceh Barat Daya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi duta wisata dalam mempromosikan wisata religi dan bagaimana peluang dalam mempromosikan wisata religi serta apa saja yang menjadi peluang wisata religi di Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi duta wisata dalam mempromosikan wisata religi yang ada di Aceh Barat Daya dengan menggunakan strategi komunikasi sosial media seperti istragram. Dalam mempromosikan wisata religi duta wisata juga terjun langsung dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh pemerintah atau masyarakat daerah. Selain itu duta wisata juga bekerja sama dengan penggiat pariwisata atau terjun langsung di tengah-tengah masyarakat dan akan mempromosikan berbagai aspek wisata religi maupun kebudayaan. Dalam mempromosikan wisata religi di Aceh Barat Daya masih terdapat berbagai kendala, pertama kurangnya kesadaran masyarakat, kedua kurangnya anggaran, ketiga kurangnya sumber daya manusia, keempat masih lemahnya pengelolaan bidang pariwisata, kelima kualitas pelayanan wisata belum baik, keenam promosi dan komunikasi yang belum aktif. Adapun peluang wisata religi di Aceh Barat Daya sangat besar dengan adanya potensi wisata religi yang akan dikembangkan dengan keindahan yang dimilki akan berdampak untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Saras Satri
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:20
Last Modified: 02 Feb 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26222

Actions (login required)

View Item
View Item