Partisipasi Masyarakat Berbasis Kelompok Tani Dalam Memberdayakan Ekonominya Di Gampong Pulo Mesjid Ii Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie

Cut Askya Munira, 180404067 (2023) Partisipasi Masyarakat Berbasis Kelompok Tani Dalam Memberdayakan Ekonominya Di Gampong Pulo Mesjid Ii Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat Berbasis Kelompok Tani Dalam Memberdayakan Ekonominya Di Gampong Pulo Mesjid Ii Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie] Text (Partisipasi Masyarakat Berbasis Kelompok Tani Dalam Memberdayakan Ekonominya Di Gampong Pulo Mesjid Ii Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie)
Cut Askya Munira, 180404067, FDK, PMI, 082277402355.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat berbasis kelompok tani dalam memberdayakan ekonominya adalah dimana masyarakat ikut serta dalam proses pemberdayaan ekonomi melalui Kelompok Tani dengan upaya-upaya agar masyarakat bisa lebih meningkatkan ekonomi nya. Keterlibatan masyarakat dalam kelompok tani dalam menjalankan setiap program baik dari tahap perencanaan, pemanfaatan, pelaksaan, dan evaluasi sangat berpengaruh akan keberhasilan suatu program atau kegiatan. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi masyarakat berbasis kelompok tani dalam memberdayakan ekonominya dan untuk mengetahui bagaimana hasil perekomian kelompok tani setelah aktif berpartisipasi dalam pemberdayaan ekonominya di Gampong Pulo Mesjid II Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ada beberapa tahapan partisipasi yang sudah sejak awal melibatkan semua anggota kelompok tani yaitu: (a). Tahap Perencanaan. (b). Tahap Pelaksaan. dan (c). Tahap Pemantauan. Dan ada beberapa bentuk partisipasi masyarakat yang sudah dilakukan suka rela oleh masyarakat berbasis kelompok tani di Gampong pulo masjid II Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie seperti: (1) Partisipasi masyarakat dalam pembuatan irigasi. (2) Partisipasi masyarakat pada penyuluhan pertanian. Dan hasil perekonomian para petani setelah berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi berbasis kelompok tani mengalami peningkatan. Serta didukung dengan aktifitas pemberdayaan pertani berupa pertemuan rutin kelompok tani, pemberian pupuk, dan pelatihan pertanian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Cut Askya Munira
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:34
Last Modified: 01 Feb 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26223

Actions (login required)

View Item
View Item