Peran Orang Tua Dalam Membina Pengajian Al-Qur’an Dalam Rumah Tangga Untuk Anak Usia Dini Di Gampong Seunelop Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Intan Saputri, 180404072 (2023) Peran Orang Tua Dalam Membina Pengajian Al-Qur’an Dalam Rumah Tangga Untuk Anak Usia Dini Di Gampong Seunelop Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Orang Tua Dalam Membina Pengajian  Al-Qur’an Dalam Rumah Tangga Untuk Anak Usia Dini Di Gampong Seunelop Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Peran Orang Tua Dalam Membina Pengajian Al-Qur’an Dalam Rumah Tangga Untuk Anak Usia Dini Di Gampong Seunelop Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)
Intan Saputri, 180404072, FDK, PMI, 089535141410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Orang Tua Membina Pengajian Al-Qur’an Dalam Rumah Tangga Untuk Anak Usia Dini Di Gampong Seunelop Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya.” Orang tua adalah pendidik utama dan pertama untuk anak-anaknya, partisipasi orang tua dalam mendidik anak sebagian besar dilakukan di rumah. Materi Pendidikan dalam keluarga yang dilakukan orang tua mencakup seluruh aspek baik aqidah, ibadah dan akhlak serta cara bermuamalah. Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui peran orang tua membina pengajian Al-Qur’an dalam rumah tangga untuk anak usia dini di Gampong Seunelop Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu gambaran jelas dalam memberikan, penyajian, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tau sangat berperan dalam memberikan pembinaan terhadap anak di usia dini di dalam rumah tangga. Peran orang tua dalam membina pengajian Al-Qur’an dalam rumah tangga telah memberikan kontribusi serta motivasi terhadap anak untuk membina dan membimbingnya agar bisa melatih dirinya untuk bisa membaca Al-Qur’an. Adapun kendala orang tua dalam membina pengajian Al-Qur’an yaitu terdapat pada diri anak, perilaku orang tua yang terlalu keras, banyak aturan, serta keadaan ekonomi, keadaan lingkungan, dan pergaulan yang bebas. Untuk mengatasi anak dalam membina membaca Al-Qur’an dan memberi waktu luang untuk membimbing anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Intan Saputri
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:36
Last Modified: 01 Feb 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26224

Actions (login required)

View Item
View Item