Pengembangan Media Kotak Ajaib dalam pembelajaran Tematik untuk siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan

Mariana, 180209102 (2022) Pengembangan Media Kotak Ajaib dalam pembelajaran Tematik untuk siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Kotak Ajaib dalam pembelajaran] Text (Pengembangan Media Kotak Ajaib dalam pembelajaran)
Mariana, 180209102, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Keterbatasan kesediaan media pembelajaran serta kurangnya media bervariatif yang ada di sekolah sangatlah mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Sedangkan dilihat dari gaya belajar siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan cenderung mengikuti gaya belajar berbasis permainan. Salah satu media yang dapat di kembangkan yaitu media kotak ajaib. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui Desain pengembangan media kotak ajaib dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan. (2) mengetahui kelayakan media kotak ajaib dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan. (3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap media kotak ajaib pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, yang menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Desseminate (penyebaran). Instrumen penelitian berupa lember validasi ahli media, ahli materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Hasil peneliti menunjukkan (1) hasil validasi media diperoleh skor 85% dengan katagori sangat layak (2) hasil validasi materi diperoleh skor 92% dengan katagori sangat layak (3) hasil validasi media oleh guru diperoleh 91% dengan katagori sangat layak. (4) hasil validasi materi oleh guru diperoleh 88% dengan katagori sangat layak. (5) respon guru dan siswa di peroleh 100% dengan katagori sangat layak. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kotak ajaib dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV MIN 12 Aceh Selatan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mariana Mari
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:38
Last Modified: 01 Feb 2023 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26226

Actions (login required)

View Item
View Item