Model Bimbingan Tahfidz Di Pesantren Darul Ihsan Dalam Pembinaan Santriwati Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Khairun Nisak, 180403069 (2023) Model Bimbingan Tahfidz Di Pesantren Darul Ihsan Dalam Pembinaan Santriwati Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Model Bimbingan Tahfidz Di Pesantren Darul Ihsan Dalam Pembinaan Santriwati Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Model Bimbingan Tahfidz Di Pesantren Darul Ihsan Dalam Pembinaan Santriwati Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Khairun Nisak, 180403069, FDK, MD, 082272435718.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Melihat realita kehidupan sekarang, masih banyak dijumpai muslimin yang belum paham terhadap kitab sucinya, terbukti dengan masih langkanya nilai-nilai Al-Qur’an yang menyatu dalam kehidupan mereka. Salah satu upaya mengakrabkan orang-orang beriman dengan kitab sucinya adalah tahfidz Al-Qur’an sehingga ia tidak buta terhadap isi kandungan yang ada dalamnya. Tahfidz atau menghafalkan Al-Qur’an adalah suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Sebab orang yang menghafalkan Al-Qur’an merupakan salah satu hamba yang ahlullah di muka bumi, itulah sebabnya tidaklah mudah dalam menghafal Al-Qur’an diperlukan metode-metode khusus dalam menghafalkannya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui model bimbingan tahfidz, metode bimbingan tahfidz faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz di Pesantren Darul Ihsan Kabupaten Aceh Besar. Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang difokuskan pada objek dan subjek penelitian. Hasil penelitian temuan bahwa pada Pesantren Darul Ihsan ada berbagai model bimbingan tahfidz Berdasarkan hasil penelitian di pesantren Darul Ihsan adalah menghafal Al-Qur’an minimal 3 juz dalam satu semester dan pembimbing yang di pesantren menargetkan hafalan harus selesai sebelum mereka meninggalkan pondok pesantren di Darul Ihsan. Evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dilakukan dengan tes lisan baik mingguan, bulanan, semesteran dan evaluasi akhir tahun, santriwati yang tinggal di asrama mereka akan menyetor hafalan siap shalat subuh dan akan dilanjutkan setelah siang hari, dikarenakan para santriwati mengikuti mata pelajaran pada umumnya di sekolah tahfidz. Kemudian didukung oleh faktor semangat dari dalam diri santriwati dan motivasi dari orang tua dan faktor penghambatnya adanya sifat malas dan putus asa dalam diri santriwati dan kurangnya konsentrasi dalam menghafal disibukkan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada umumnya dan kurangnya motivasi dari kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:47
Last Modified: 01 Feb 2023 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26233

Actions (login required)

View Item
View Item