Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (Kajian Pada Baitul Mal Aceh).

Mauizatul Aspira, 180603085 (2023) Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (Kajian Pada Baitul Mal Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (Kajian Pada Baitul Mal Aceh)] Text (Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (Kajian Pada Baitul Mal Aceh))
Mauizatul Aspira, 180603085, FEBI, PS, 082285890642.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) merupakan salah satu program yang memiliki potensi dalam pengembangan masyarakat baik itu secara ekonomi, pribadi maupun sosial. Maka dari itu, penelitian ini mengkaji tentang pemberdayaan masyarakat serta mekanisme maupun optimalisasinya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa SKSS pada Baitul Mal Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa mekanisme pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa SKSS meliputi tujuan tahapan-tahapan serta manfaat yang diperoleh, yang mana mekanisme tersebut masih kurang terealisasikan dengan baik. Sehingga optimalisasi pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa SKSS dilihat dari tiga dimensi optimalisasi yaitu efesiensi, efektivitas dan ekonomis yang diuraikan dengan beberapa indikator-indikator masih tergolong kurang optimal, karena banyaknya kendala dan hambatan yang dihadapi serta output yang kurang tercapai. Akan tetapi disebalik itu Baitul Mal Aceh sedang berupaya melakukan evaluasi, merancang sistem baru yang lebih baik yang diharapkan kedepannya dapat mengoptimalisasi pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa SKSS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, pemberdayaan masyarakat, Baitul Mal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mauizatul Aspira
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:37
Last Modified: 01 Feb 2023 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26234

Actions (login required)

View Item
View Item